Nasional

Upacara Peringatan Hari Kemenkumham 2023

Surabaya Kota, Bandung – Berbeda dengan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemenkumham pada tahun-tahun sebelumnya, Upacara Peringatan Hari Kemenkumham atau dikenal dengan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) pada Kanwil Kemenkumham Jabar pada tahun 2023 dilangsungkan dengan cukup megah dan meriah dengan mengambil tempat di Lapangan Gas ibu Kota Bandung, tempat yang dianggap prestisius bagi masyarakat Jawa Barat dengan menghadirkan Gubernur Jawa Barat sebagai Inspektur Upacara, Senin (21/8/2023).upacara-peringatan-hari-kemenkumham-2023

Perjalanan Panjang Kemenkumham tidak lepas dari perjalanan sejarah Bangsa Indonesia. Jejak digital menyebutkan bahwa dinamika Kementerian Hukum dan HAM diawali pada kabinet pertama yang dipimpin Presiden Ir. Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta pada Masa Perang Kemerdekaan (1945-1949), selanjutnya pada masa Demokrasi Parlementer (1949-1959), masa Demokrasi Terpimpin (1959-1968), masa Orde Baru (1968-1998) dan masa Reformasi (1998- sekarang), dari awal pembentukan Kementerian sampai dengan saat ini telah dipimpin sebanyak 42 Menteri serta telah mengalami 5 (lima) kali perubahan nomenklatur.

Upacara Peringatan Hari Kemenkumham telah mengalami pergeseran yang sebelumnya selalu diperingati di tanggal 30 Oktober berubah menjadi tanggal 19 Agustus. Penetapan tanggal 19 Agustus sebagai Hari Kemenkumham merupakan upaya Kemenkumham dalam mengembalikan kembali sejarah yang benar setelah melalui serangkaian kajian dan penelitian yang dilakukan serta bukti-bukti autentik yang menunjukkan secara pasti kelahiran Kementerian Hukum dan HAM RI.

Mengusung tema “Kemenkumham Semakin Berkualitas Untuk Indonesia Maju” menjadi semangat dalam meyakinkan publik bahwa Kemenkumham semakin berkualitas serta berkomitmen untuk mendukung agenda nasional guna mewujudkan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Perhelatan Upacara Hari Kemenkumham Tahun 2023 dilaksanakan secara serentak di 33 Provinsi. Upacara Hari Kemenkumham Tahun 2023 di Jawa Barat  ini melibatkan sebanyak kurang lebih 2.050 orang terdiri dari seluruh Pegawai Kanwil Kemenkumham Jabar dan Perwakilan Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Jawa Barat dan Taruna Poltekip dan Poltekim, Polda Jawa Barat, Kodam III/ Siliwangi, Forkopimda Provinsi Jawa Barat, Satpol PP Kota Bandung, Dinas Kebakaran Jabar, Notaris, Permahi, Forum Pelajar Sadar Hukum, Yayasan Air. Turut hadir, Pinisepuh Pengayoman, Stakeholder dan Tamu Undanganlainnya.

Perayaan Hari Kemenkumham R.I turut dimeriahkan dengan penampilan tari kolosal yang dipersembahkan oleh 120 orang Warga Binaan Pemasyarakatan, Penampilan Korsik Pegawai Kanwil Kemenkumham Jabar yang baru saja terbentuk lebih kurang 40 hari yang lalu serta menjadikan Kanwil Kemenkumham Jabar sebagai satu-satunya Kanwil di Indonesia yang memiliki Korps Musik sendiri. Upacara ini adalah penampilan pertama di hadapan publik, Korsik yang diberi nama: “ANDIKA SATYA DHARMAMIGENA PENGAYOMAN” (artinya yaitu Insan Pengayoman yang berjuang untuk kebenaran dan kejujuran sesuai dengan kemampuan dan keahliannya).

1 2 3 4Laman berikutnya

Related Articles

Back to top button