SURABAYA, Surabaya Kota – Seorang Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) Surabaya, diterima di perguruan tinggi ternama dunia, Harvard University. Adalah Dokter muda Fahrizal Rizky Muharram yang diterima di Harvard University dengan jurusan Public Policy.

Di dalam penelitiannya, alumni kedua FK Unair yang diterima di Harvard ini akan melakukan riset kesehatan di masyarakat Jawa Timur. Fahrizal mengatakan, untuk masuk ke kampus ternama di dunia ini, ia harus memenuhi syarat dari LPDP dan Harvard. Di Harvard sendiri, ada 3 tahapan. Pertama rekomendasi, mulai dari dosen hingga orang yang pernah bekerja sama.

“Kedua CV, membawa program saya ketika pandemi menyuntik mahasiswa di Indonesia yang ngasih vaksinasi Unair paling banyak dan mencetak rekor MURI (2/5/2023), waktu itu koordinator saya. Mungkin dilirik juga. Ketiga Bahasa Inggris. Tiga itu utama. Setelah itu Harvard diterima,” terang dr Fahrizal saat ditemui di FK Unair.

Sementara untuk LPDP, Fahrizal melewati jalur khusus. Sehingga, hanya melalui proses administrasi dan wawancara, hasilnya diterima pada 8 Juni lalu. Ia juga diberi banyak support dari LPDP, namun harus kembali ke Indonesia setelah lulus.