wapres-ziara-ke-makam-imam-bukhari
Surabaya Kota, Uzbekistan – Usai berziarah ke makam Imam Al Maturidi, Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin beserta rombongan bergegas menuju makam ulama yang terkenal akan ilmu hadisnya, yaitu Imam Bukhari, yang berjarak sekitar 25 kilometer dari makam Imam Al Maturidi.

wapres-ziara-ke-makam-imam-bukhari

Setelah menempuh perjalanan selama 35 menit, pada pukul 11.25 waktu setempat, Wapres didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin beserta rombongan tiba di makam ulama yang memiliki nama lengkap Muhammad bin Ismail Al Bukhari ini. Ia memiliki julukan sebagai Amirul mukminin fil hadits atau pemimpin orang-orang beriman dalam hal ilmu hadis.

Beliah adalah ahli hadis yang termasyhur di antara para ahli hadis sejak dulu hingga kini bersama dengan Imam Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasai dan Ibnu Majah, bahkan dalam buku-buku fiqih dan hadis, hadis-hadisnya memiliki derajat yang tinggi.

Imam Bukhari lahir di Bukhara, 13 Syawal 194 H atau 21 Juli 810 dan wafat di Khartank, sebuah desa kecil dekat Samarkand pada hari raya Idul Fitri, 1 Syawal 256 H atau 1 September 870.