capaian-kb-kbpp-diy-paska-persalinan-lampaui-target-sampai-276
Surabaya Kota, Yogyakarta – Jika melihat target kesertaan KB Paska Persalinan (KBPP) yang diberikan oleh BKKBN (Pusat) tahun ini sebesar 2.011 akseptor, maka sampai dengan Mei 2023 capaian KBPP DIY telah jauh melampaui target, yaitu sebesar 5.563 akseptor atau 276,6 persen Capaian inilah yang menjadikan DIY menjadi salah satu provinsi dari empat provinsi yang masuk nominasi Lomba Apresiasi KBPP “Asik KBPP” Tahun 2023. Dalam rangka nominasi tersebut Perwakilan BKKBN DIY menerima kunjungan Tim Penilai Lomba dari Direktorat Bina Kesehatan Reproduksi BKKBN Pusat di Ruang Widya I, Perwakilan BKKBN DIY pada Kamis, (15/6/2023).

capaian-kb-kbpp-diy-paska-persalinan-lampaui-target-sampai-276

KB Paska Persalinan adalah pengunaan alat atau obat kontrasepsi segera setelah melahirkan sampai dengan 40 hari atau 6 minggu. Tujuannya adalah agar ibu terhindarkan dari kehamilan yang tidak diinginkan saat masih repot mengasuh bayi yang baru dilahirkannya. Jika ibu segera hamil lagi, kualitas ASI yang diberikan akan berkurang, disamping pengasuhan bayi yang tidak maksimal karena harus membawa atau menitipkan bayi yang baru lahir saat harus memerikasakan kehamilan.

Jajaran Tim Penilai KBPP dari Direktorat Bina Kesehatan Reproduksi BKKBN Pusat terdiri dari dr. Poppy Irawati, M.PH, dr. Umi Salamah, dan Retno Damayanti Sriharso, SE diterima langsung oleh Shodiqin, SH, MM selaku Kepala Perwakilan BKKBN DIY.