SURABAYA, Surabaya Kota – Mantan Kakorlantas Polri periode 2016-2018, Irjen Pol ( Purnawirawan) Dr.Drs. Royke Lumowa saat mengunjungi putra yang kuliah di fakultas kedokteran Unair, memberikan apresiasi atas kinerja Polri, lembaga yang dulu tempat Purnawiran Inspektur Jenderal Polisi ini berkarir.

Ia mengaku meskipun saat berangkat ke Surabaya setelah hari ke-2 lebaran melalui jalur darat pelaksanaan pengamanan lebaran tahun ini, jauh lebih baik dibanding saat dirinya menjabat sebagai Kakorlantas di Mabes Polri.

“Kita harus berani jujur, jika lebih buruk harus kita koreksi tetapi jika lebih baik, maka harus kita apresiasi,” ungkap Irjen Pol ( Purnawirawan) Dr.Drs. Royke Lumowa di Surabaya, Minggu (30/4).

Compress 20230501 121412 2328Menurutnya, banyak faktor memang yang mendukung, seperti infrastruktur yang sudah jauh lebih baik, dukungan teknologi informasi, termasuk dari upaya maksimal dengan mengevaluasi dari pelaksanaan operasi sebelumnya.

Ia menyebut, cara bertindaknya (CB) kurang lebih sama, meskipun tetap ada yang berbeda.

“Tetapi ketika Cb itu dilakukan dengan cara lebih baik, melalui proses ATM (Amati, tiru dan modifikasi), maka proses learning by doing atau proses belajar dari pengalaman itu dilakukan, maka CB itu akan terasa lebih efektif dan efisien,” ujar Royke Lumowa.

Ia juga mengaku pada era kepemimpinannya sebagai Kakorlantas, juga telah melakukan apa yang dinamakan pengalihan arus, memasukkan kendaraan pada kantong parkir atau istilah sekarang sistem delay, mendirikan pos pam, yan dan terpadu termasuk patroli ke daerah pemukiman yang ditinggalkan.