bkkbn-diy-gandeng-komisi-ix-dpr-ri-turunkan-stunting-di-kulon-progo

Surabaya Kota, Kulon Progo  – Pemerintah menargetkan angka stunting di Indonesia turun menjadi 14 persen pada 2024. Dengan adanya target tersebut, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai ketua pelaksana penurunan stunting menggandeng pihak-pihak terkait untuk menekan angka stunting di Indonesia seperti di Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Kepala Perwakilan BKKBN DIY Shodiqin menyampaikan, BKKBN memiliki dua tugas utama sesuai peraturan presiden nomor 72 tahun 2021. Yakni masalah perkembangan kependudukan dan keluarga berencana serta penanganan stunting.

bkkbn-diy-gandeng-komisi-ix-dpr-ri-turunkan-stunting-di-kulon-progoAdapun, pengentasan stunting di Kulon Progo, BKKBN bersinergi Komisi IX DPR RI dan Pemkab setempat. Harapannya, penurunan stunting di daerah ini lebih cepat.

“Apalagi satu di antara tugas DPR RI mengesahkan anggaran. Selain anggaran, juga melakukan monitoring apakah anggaran yang sudah didata oleh Komisi IX betul-betul dilaksanakan oleh dinas lintas sektor,” kata Shodiqin saat sosialisasi dan KIE program bangga kencana di Gedung Kesenian Kulon Progo, Senin (10/4/2023).

Terlebih pada 2024, pemerintah pusat menargetkan angka stunting di Indonesia turun menjadi 14 persen. Saat ini, prevalensi balita stunting di Indonesia di angka 21,6 persen. Sementara di DIY 16,4 persen.