strategi-atasi-stunting-bkkbn-jatim-giat-orientasi-soth-di-banyuwangi
Surabaya Kota, Banyuwangi – Perwakilan BKKBN Jatim melaksanakan kegiatan Orientasi SOTH (Sekolah Orang Tua Hebat) dan KKA (Kartu Kembang Anak) bagi Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan kader BKB (Bina Keluarga Balita) di Kabupaten Banyuwangi, yang dilaksanakan pada 3-4 April 2023 bertempat di Aula Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Banyuwangi.strategi-atasi-stunting-bkkbn-jatim-giat-orientasi-soth-di-banyuwangi

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ibu Henik Setyorini, AP, M.Si, selaku Kepala Dinas Sosial PPKB Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur Dra Maria Ernawati M.M., yang diwakili tim pendamping SOTH dari Perwakilan BKKBN Jatim, Bapak Haydar Iskandar dan Bapak Handoyo. Sedangkan peserta kegiatan merupakan Penyuluh KB dan Kader BKB dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Banyuwangi berjumlah 50 orang.

Mewakili Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur, dalam sambutannya Haydar mengingatkan kembali bahwa saat ini BKKBN diberi tugas sebagai Koordinator Pelaksana Percepatan Penurunan Stunting dengan target yang harus dicapai pada tahun 2024 adalah 14%.

“Target 14% tentu saja bukan tugas yang ringan. Oleh karena itu diperlukan dukungan dan sinergitas dari semua pihak baik dari jajaran pemangku kebijakan, OPD-KB, maupun Penyuluh KB,” kata Haydar.

Berdasarkan Data Survei Status Gizi Balita Indonesia (2021) menunjukkan bahwa angka prevalensi stunting di Indonesia adalah 24,4% dan di tahun 2022 turun menjadi 21,6 % (Data SSGI Tahun 2022), Jawa Timur sebesar dari 23,5% turun menjadi 19,2%.