Foto Tim Bayucaraka ITS

Surabaya, Surabaya Kota – Tim robot terbang Bayucaraka Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya sukses raih tiga juara sekaligus dalam ajang Singapore Amazing Flying Machine Competition (SAFMC) 2023 di Singapura. Torehan prestasi di kancah internasional dalam bidang robotika ini diumumkan hasilnya pada Sabtu (1/4) lalu.

Pilot utama Bayucaraka ITS Martin Adytia mengatakan, SAFMC merupakan kompetisi mesin terbang terbesar di Singapura. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Defence Science Organization (DSO) National Laboratories and Science Centre yang bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan Singapura.

IMG 20230403 WA0050
Foto Tim Bayucaraka ITS

“Kompetisi ini juga terbagi menjadi delapan kategori. Tim Bayucaraka ITS sendiri mengikuti kategori Semi-Autonomous (D1) dan Autonomous (D2),” kata Martin, Senin (03/04/23).

Tim Bayucaraka ITS mengirimkan tiga tim dalam ajang yang diikuti untuk kedua kalinya ini. Tiga tim ini diantaranya divisi Vertical Take Off and Landing (VTOL) bernama Soeromiber Team A, Soeromiber Team B, dan Soeromiber.