bkkbn-164-ribu-duta-genre-siap-suarakan-anti-napza-anti-seks-bebas-dan-anti-pernikahan-dini
Surabaya Kota, Sleman – BKKBN merangkul remaja melalui Program Generasi Berencana (Genre). Dalam program ini dibentuklah Duta Genre yang merupakan Duta dalam menyebarluaskan program Kependudukan dan Keluarga Berencana kepada remaja dengan menjadi Pendidik dan Konselor Sebaya.

Memang remaja cenderung lebih mendengar ajakan dari teman sebayanya daripada nasehat atau petuah orang yang lebih tua seperti guru, pemimpin agama, bahkan orang tuanya. Rasanya lebih nyaman berdiskusi dan curhat dengan teman seusianya. Oleh karena itu BKKBN membekali para Duta Generasi berencana  dengan berbagai pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan pengetahuan lainnya yang berguna bagi pengembangan karakter remaja.

bkkbn-164-ribu-duta-genre-siap-suarakan-anti-napza-anti-seks-bebas-dan-anti-pernikahan-diniDuta Generasi berencana dibentuk dan dikompetisikan di tingkat provinsi dan nasional, oleh karena itu jumlahnya terbatas. Maka Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mendorong dibentuknya Duta Genre di seluruh kelurahan agar semakin banyak remaja terpapar program Generasi Berencana.

Hal ini disampaikan Hasto Wardoyo pada acara pengukuhan duta genre tingkat kelurahan di kabupaten Sleman yang diselenggarakan di aula Balai Besar Pelatihan Dan Pemberdayaan Masyarakat (BBPPM) Yogyakarta, komplek Pemda Sleman, Minggu (2/4/2023).

“Genre ini kan kini kita desain satu desa (ada) dua Duta Genre di seluruh Indonesia. Ada 82 ribu desa dan kelurahan,” Hasto menjelaskan. Artinya akan ada 164 ribu Duta Genre yang siap menyuarakan program Generasi Berencana dan mengkampanyekan tiga Anti : Anti Napza, Anti Seks Bebas, dan Anti Pernikahan Dini di kalangan remaja.