upaya-bkkbn-diy-tingkatkan-kapasitas-tpk
Surabaya Kota, Yogyakarta – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan Tim Pendamping Keluarga (TPK) dalam proses pendampingan keluarga berisiko stunting di lini lapangan, maka Perwakilan BKKBN DIY bekerjasama dengan seluruh unit komponen tim percepatan stunting BKKBN mengupayakan peningkatan kapasitas TPK dengan melaksanakan pelatihan bagi fasilitator atau training of facilitator (TOF) Tim Pendamping Keluarga selama tiga hari, mulai tanggal 6 – 8 Maret 2023 bertempat di Bidang Pelatihan dan Pengembangan Perwakilan BKKBN DIY.

bkkbn-diy-selenggarakan-tof-tpkUpaya ini dilakukan melalaui pelatihan secara berjenjang. Pada lini lapangan, Fasilitator tingkat Kabupaten Kota di tahun 2023 adalah Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) yang telah mengikuti Training of Facilitator (TOF) secara daring dan luring di Perwakilan BKKBN DIY. Pelaksanaan dilakukan dengan mempertimbangkan hasil analisis kebutuhan dengan tujuan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan Tim Fasilitator dalam Orientasi Tim Pendamping Keluarga Kabupaten/Kota.

TOF ini dilaksanakan secara paralel dari hari Senin tanggal 6 sampai dengan 8 Maret 2023 yang diikuti 120 peserta yang terdiri dari unsur Pengelola Program Banggakencana di OPDKB Kabupaten/Kota, TP PKK Kabupaten/Kota, Pengurus Cabang, PKB ASN Kapanewon dan Ketua IBI. Pada kegiatan tersebut juga dipantau oleh Tim Penjamin Mutu Bidang Diklat. Pembukaan pada hari Senin tanggal 6 Maret 2022 dilaksanakan secara hybrid sehingga sebagian peserta dari Kabupaten Bantul mengikuti secara virtual.