Surabaya Kota, Jember – BKKBN Jatim melaksanakan kegiatan Penguatan Program Pembangunan Keluarga bersama Mitra Kerja, yang dilaksanakan pada 5 Maret 2023 bertempat di Gedung PSBB MAN 1 Jember, Kec. Kaliwates, Jember.

bkkbn-jatim-dan-komisi-ix-dpr-ri-gelar-penguatan-program-pembangunan-keluarga-di-jemberKegiatan ini dihadiri oleh Ir. H. Nur Yasin, M.BA., M.T. selaku Anggota Komisi IX DPR-RI. Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Dra. Maria Ernawati, M.M., diwakili oleh Uni Hidayati, S.ST, M.M., selaku Penata KKB Madya Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur. Kepala Dinas P3AKB Kabupaten Jember, Drs. Suprihandoko, M.M.

Mewakili Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Uni Hidayati, S.ST, M.M, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas bersama saat ini adalah memberikan edukasi terkait gizi. Hal ini berkaitan dengan kasus kekurangan gizi seperti wasting (kurus) dan stunting (pendek) pada balita, anemia pada remaja dan ibu hamil yang masih relatif tinggi.

“Berdasarkan Data Survei Status Gizi Balita Indonesia (2021) menunjukkan bahwa angka prevalensi stunting di Indonesia adalah 24,4% dan di tahun 2022 turun menjadi 21,6 % (Data SSGI Tahun 2022), Jawa Timur sebesar dari 23,5% turun menjadi 19,2%. Sedangkan di Kabupaten Jember pada tahun 2022 sebesar 34,9%,” kata Uni Hidayati.