inovasi-bps-desa-cantik-kampung-kb-panggungharjo
Surabaya Kota, Yogyakarta – Desa Panggungharjo, di Kapanewon (Kecamatan) Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta kini menyandang nama Desa Cantik Kampung KB Panggungharjo.

Desa Cantik yang merupakan akronim dari Desa Cinta Statistik adalah inovasi program pembinaan statistik sektoral dari BPS pada wilayah terkecil yaitu desa atau kalurahan. Program Desa Cantik ini dimulai sejak 2021, dan menjadi salah satu Quick Win BPS di Kalurahan Panggungharjo.

desa-cantik-kampung-kb-panggungharjo-kolaborasi-bkkbn-dengan-bpsSedangkan Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) merupakan garapan BKKBN di desa dengan kondisi pencapaian Keluarga Berencana (KB) rendah dan tertinggal dari sisi kesejahteran masyarakat. Kalurahan Panggungharjo pada tahun 2017 ditetapkan sebagai Kampung Keluarga Berkualitas.

“Desa harus merdeka data. Jangan sampai desa hanya terbebani kewajiban mengumpulkan dan menginput data akan tetapi tidak mampu atau tidak merdeka dalam memanfaatkan data,” demikian disampaikan Deputi Pengendalian Penduduk BKKBN Bonivasius Prasetya Ichtiarto saat mengunjungi Kampung KB sekaligus Desa Cantik Panggungharjo, Kamis (2/2/2023).

Kerap kali aparat desa dan kader dimintai data atau bahkan diminta untuk menginput data melalui berbagai sistem dan aplikasi dari berbagai instansi pemerintah. Namun keterbatasan akses terhadap data yang sudah diinput membatasi kemampuan desa untuk memanfaatkannya.

Hal tersebut yang menjadi dasar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan kolaborasi untuk membangun desa yang memiliki kemampuan dalam menginput, mengakses, mengolah, dan memanfaatkan data-data itu menjadi informasi yang bermanfaat.

Kunjungan Bonivasius beserta Direktur Analisis Dampak Kependudukan BKKBN Faharuddin itu guna meninjau Kalurahan Panggungharjo yang karena keberhasilannya sebagai Kampung KB terpilih jadi Desa Cantik pada 2021. Kunjungan itu juga merupakan permintaan khusus dari Kepala BKKBN Hasto Wardoyo yang memiliki atensi besar terhadap pembangunan desa dan pengolahan data menjadi informasi.

Hasil pendampingan Desa Cantik ini bisa dilihat pada kualitas website Kalurahan Panggungharjo, khususnya pada pendokumentasian dan penyajian data statistik maupun data lainnya. Ilmu yang didapat melalui sejumlah pelatihan pengelolaan data juga bisa terlihat dari kualitas Rumah Data Kependudukan yang ada di Kampung KB ini.