gandeng-fakultas-psikologi-ugm-bkkbn-diy-buka-soth-bkb-permata-hati
Surabaya Kota, Yogyakarta – PJ Walikota Yogyakarta yang diwakili oleh Staff Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Wirawan Hario Yudho, S.H Bersama BKKBN DIY dan Fakultas Psikologi UGM mencanangkan Sekolah Orangtua Hebat (SOTH) Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) Permata Hati, Kamis (26/1) Bertempat di Masjid At Taqwa Soronatan. Sasaran program ini adalah orang tua balita yang ada di Kelurahan Notoprajan, Kemantren Ngampilan, Kota Yogyakarta.
bkkbn-diy-dan-fakultas-psikologi-ugm-buka-sekolah-orang-tua-hebat

“Program ini adalah salah satu ikhtiar kita membentuk generasi penerus yang unggul dan tangguh menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Wirawan Hario.

Masih menurut Wirawan, Orangtua saat ini perlu diberikan bekal lebih dalam mendidik anak. Banyak tantangan yang dihadapi keluarga Indonesia antara lain pernikahan yang tidak disiapkan dengan matang, meningkatnya pernikahan di usia anak (pernikahan dini), kompetensi untuk menjadi orang tua yang masih sangat terbatas, pendidikan masyarakat yang rendah, keterbatasan kondisi ekonomi, serta angka perceraian yang terus meningkat yang pada akhirnya memperbesar resiko orang tua dalam melakukan praktek pengasuhan yang kurang optimal. Pengetahuan, sikap, dan keterampilan orang tua yang masih terbatas untuk melakukan pengasuhan yang baik juga akan memperbesar resiko gangguan pada tumbuh kembang anak.