kaper-bkkbn-diy-satgas-stunting-untuk-mendukung-tpps
Surabaya Kota, Sleman – Kaper BKKBN DIY, Shodiqin, S.H., M.M.,  bersama Korbid ADPIN menyerahkan Technical Assistant Anif Muchlasin kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) selaku Sekretariat TPPS Kabupaten Sleman, Kamis (12/1).
serius-tangani-stunting-bkkbn-diy-perbantukan-5-technical-assistant-untuk-kab-kotaSetelah mendapatkan penugasan sebagai koordinator percepatan penurunan stunting melalui Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, BKKBN bergerak cepat dengan menyiapkan kelembagaan, tatalaksana, dan roadmap pencapaian tujuan penurunan angka stunting dengan mengeluarkan Peraturan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Nomor 12 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Angka Stunting Indonesia Tahun 2021-2024.

RAN PASTI memiliki lima pilar keberhasilan penurunan angka stunting, yaitu komitmen dan visi kepemimpinan nasional dan daerah; komunikasi perubahan perilaku dan pemberdayaan masyarakat; konvergensi intervensi spesifik dan sensitif di pusat dan daerah; ketahanan pangan dan gizi; serta penguatan dan pengembangan sistem, data, informasi, riset, dan inovasi.

Berlandaskan Perpres dan RAN PASTI, telah dibentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) mulai dari tingkat provinsi sampai desa/kalurahan. Dinamai tim percepatan karena sejatinya upaya penanganan stunting sudah berjalan selama ini, namun sifatnya sektoral dan tidak terintegrasi. TPPS merupakan tim yang beranggotakan unsur birokrasi sesuai tupoksi masing-masing dan pemangku kepentingan lainnya.

Karena TPPS terdiri instansi yang memiliki otoritas dalam membentuk dan melaksanakan regulasi, maka sisi positifnya TPPS dapat mengambil kebijakan dan menerapkannya dengan mudah. Namun sifat birokratisnya juga memiliki kelemahan, yaitu bersifat kaku dan prosedural. Padahal untuk menyelaraskan langkah dan menyelesaikan hambatan yang muncul diperlukan kelenturan (fleksibilitas), inovasi, dan kreatifitas pemecahan masalah.