Nasional

Sinergi BKKBN Jatim dan Dinas PPKB Nganjuk Dalam Sosialisasi Pengasuhan 1000 HPK dan Balita Serta Edukasi Kespro

Surabaya Kota, Nganjuk – Perwakilan BKKBN Jatim bersama dengan Dinas PPKB Kabupaten Nganjuk (DPPKB Nganjuk) menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Pengasuhan 1000 HPK dan Balita, serta Edukasi Kespro, Gizi, dan Perencanaan Berkeluarga bersama Mitra Kerja pada hari ini, tanggal 26 Desember 2022 bertempat di Pendopo Kabupaten Nganjuk.sinergi-bkkbn-jatim-dan-dinas-ppkb-nganjuk-dalam-sosialisasi-pengasuhan-1000-hpk-dan-balita-serta-edukasi-kespro

Balita yang mengalami stunting akan memiliki tingkat kecerdasan yang tidak maksimal, akan menjadikan anak menjadi lebih rentan terhadap penyakit dan di masa depan dapat beresiko pada menurunnya tingkat produktivitas. Oleh karena itu, percepatan penurunan stunting menjadi prioritas pembangunan yang mana dituangkan dalam  Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting. Angka prevalensinya ditargetkan dapat diturunkan menjadi 14 persen di tahun 2024.

Upaya Percepatan Penurunan Stunting sejatinya dilakukan sejak prakonsepsi atau pembuahan hingga usia 2 tahun dimana dikenal dengan masa 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan). Masa awal kehidupan setiap individu dimana sebagian besar waktunya dihabiskan bersama keluarga merupakan masa paling fundamental dalam keseluruhan tahapan kehidupan atau sering disebut Golden Period, yaitu usia 0-5 tahun. Sehingga, menjadi hal yang sangat penting bagi calon orangtua untuk dapat memiliki wawasan, perencanaan, serta keterampilan yang baik dalam menyiapkan kehidupan berkeluarga, masa kehamilan, serta pola pengasuhan secara optimal.

Masa usia remaja merupakan waktu yang dirasa cukup tepat untuk mulai membangun wawasan tentang ini. Intervensi pada remaja-remaja putri, khususnya sebagai calon ibu, dengan memberikan informasi tentang kesehatan reproduksi, gizi yang seimbang, dan perencanaan berkeluarga di masa depan merupakan cara yang dirasa cukup efektif untuk dapat menciptakan calon-calon ibu yang “melek” akan bahaya stunting. sinergi-bkkbn-jatim-dan-dinas-ppkb-nganjuk-dalam-sosialisasi-pengasuhan-1000-hpk-dan-balita-serta-edukasi-kespro

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Jatim, Dra. Maria Ernawati, MM dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Nganjuk, Samsul Huda, SH. MH., Hadir pula dalam kegiatan ini Kepala Dinas PPKB Kabupaten Nganjuk serta TP PKK Kabupaten hingga tingkat Kecamatan.

Peserta yang dihadirkan berjumlah 500 orang yang terdiri dari Penyuluh KB, Tim Pendamping Keluarga (TPK), Kader Pembangunan Keluarga (BKB, BKR, BKL, UPPKA, dan PIK Remaja) se-Kabupaten Nganjuk.

1 2 3 4Laman berikutnya

Related Articles

Back to top button