Surabaya Kota, Lumajang – Perwakilan BKKBN Jatim menggelar kegiatan Promosi Komunikasi Informasi Edukasi Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting yang dikhususkan bagi Kader Bangga Kencana dan Penyuluh Keluarga Berencana Kabupaten Lumajang, Rabu (30/11/2022).

tingkatkan-kompetensi-kader-bkkbn-jatim-promosi-komunikasi-informasi-edukasi-bangga-kencana-di-lumajangGiat yang dilaksanakan di Gedung Mahameru Lumajang ini dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Dra. Maria Ernawati, M.M., yang diwakili Koordinator Bidang Advokasi Penggerakan Informasi (ADPIN); Dra. Sofia Hanik, MM, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lumajang; dr. Bayu Wibowo dan narasumber ahli dokter spesialis anak; dr. Nurul Yudhi Prihastuty, Sp.A.

Angka prevalensi stunting Kabupaten Lumajang terbilang cukup tinggi dibandingkan angka Provinsi Jawa Timur dan nasional. Berdasarkan Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2021, prevalensi stunting Kabupaten Lumajang berada di angka 30,1 persen. Angka ini menempatkan Lumajang pada kategori merah atau wilayah dengan angka stunting tinggi.

tingkatkan-kompetensi-kader-bkkbn-jatim-promosi-komunikasi-informasi-edukasi-bangga-kencana-di-lumajangKoordinator Bidang ADPIN, Dra. Sofia Hanik, MM yang membuka kegiatan secara resmi menyebut kegiatan di Lumajang ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi kader serta bentuk apresiasi bagi Kader yang merupakan ujung tombak pelaksana Program Bangga Kencana di lini lapangan.