giat-bkkbn-diy-dalam-pelatihan-pelayanan-kontrasepsi-bagi-bidan
Surabaya Kota , Yogyakarta – Pewakilan BKKBN DIY bekerja sama dengan RSUP Dr. Sardjito, Dinas Kesehatan, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) menyelenggarakan Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi Bagi Bidan.
giat-bkkbn-diy-dalam-pelatihan-pelayanan-kontrasepsi-bagi-bidanKasus kematian bayi ( AKB ) dan angka kematian ibu ( AKI ) di DIY selama beberapa tahun terakhir memang menurun namun masih perlu ditekan agar semakin rendah lagi. Tahun 2021 dilaporkan jumlah kasus kematian bayi di DIY sebanyak 270 kasus, menurun dari tahun 2020 sebanyak 282 kasus.

Untuk menekan AKI dan AKB selain dengan meningkatkan kesadaran Ibu dalam menjaga kehamilannya agar selalu dalam kondisi sehat, juga dengan meningkatkan pengetahuan dan kompetensi tenaga medis khususnya bidan dalam pelayanan kontrasepsi. Dengan pelayanan kontrasepsi yang baik maka kehamilan yang tidak diinginkan atau kehamilan pada ibu yang kondisinya belum siap dapat dicegah sehingga AKI dan AKB dapat diturunkan.

giat-bkkbn-diy-dalam-pelatihan-pelayanan-kontrasepsi-bagi-bidanSebanyak 25 Bidan mengikuti pelatihan yang diselenggarakan secara daring dan luring sejak tanggal 7 November 2022. Penutupan pelatihan dilaksanakan tanggal 20 November 2022 bertempat di Hotel Rich Yogyakarta.