bkkbn-diy-gelar-pelatihan-pelayanan-kb
Surabaya Kota, Yogyakarta – Dalam pelayanan KB tersebut dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi standar dalam memberikan pelayanan KB. Sehubungan dengan hal tersebut, BKKBN Perwakilan BKKBN DIY melaksanakan program pelatihan pelayanan KB yang ditujukan bagi tenaga kesehatan, terutama dokter umum dan bidan. Hal ini merupakan salah satu langkah strategis dalam upaya memperbaiki kualitas pelayanan KB dan dilaksanakan secara blended dari tanggal 7 s.d. 20 November 2022.

bkkbn-diy-gelar-pelatihan-pelayanan-kbPembukaan kegiatan dilaksanakan secara virtual pada tanggal 7 November 2022 dan diikuti oleh 25 orang peserta dokter/ bidan dari kabupaten/kota se-DIY. Pembukaan kegiatan tersebut selain diikuti oleh peserta juga dihadiri oleh dinas Kesehatan DIY, Jajaran dari RSUP dr. Sardjito, Ketua IBI, Ketua POGI Yogyakarta.

Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan salah satu indikator derajat kesehatan suatu negara. Di Indonesia, rasio AKI masih tergolong tinggi. Satu penyebab AKI tinggi yaitu masih banyaknya jumlah kehamilan risiko tinggi, termasuk Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) dan kehamilan 4 Terlalu (Terlalu muda, Terlalu tua, Terlalu dekat dan Terlalu banyak).

Masalah ini dapat diatasi melalui program Keluarga Berencana (KB) berbasis hak dan orientasi kesehatan reproduksi dengan layanan bermutu yang aman, berkelanjutan, kesertaan sukarela, tidak diskriminatif, dan informed choice. KB merupakan salah satu pilar dalam upaya meningkatkan kesehatan ibu karena terbukti efektif dan hemat biaya dalam mengurangi beban penyakit pada kesehatan ibu dan anak (World Bank, 1993).