Surabaya Kota, Yogyakarta – Sebanyak 38 tenaga medis Afghanistan mengikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kesehatan Ibu dan Anak serta Keluarga Berencana (KB) di Indonesia.
tenaga-medis-afghanistan-kagum-dengan-bpjsDalam pelatihan hari keempat di Yogyakarta, Senin (07/11/2022) peserta mengunjungi Puskesmas Gedongtengen untuk melihat dan mempelajari pelayanan dasar kesehatan masyarakat di Fasilitas Kesehatan tingkat pertama. Mereka didampingi tim dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN ) Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Setelah diterangkan bahwa hampir seluruh pasien Puskesmas dilayani dengan skema pembiayaan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) atau asuransi kesehatan nasional, para peserta menyatakan sangat kagum.

“Di negara kami nyaris tidak ada sistem asuransi kesehatan, apalagi yang massal dan nasional seperti BPJS. Kami sungguh kagum,” demikian diungkapkan Abdullah Shenware, salah satu peserta yang merupakan seorang dokter dari Afghanistan.

tenaga-medis-afghanistan-kagum-dengan-bpjsSaat ditanya lagi apa yang menarik dari sistem pelayanan kesehatan di Indonesia, Abdullah menyatakan bahwa jangkauan pelayanan kesehatan yang sampai pelosok merupakan hal bagus yang belum bisa dinikmati rakyat Afghanistan.

“Pusat kesehatan level terbawah yang kami kunjungi ini sungguh lengkap pelayanannya, kami pun jadi tidak sabar ingin melihat fasilitas kesehatan tingkat di atasnya besok,” katanya.

Sementara itu Fariha Anoosh, seorang dokter kandungan merasa banyak hal bisa dipelajarinya di Yogyakarta.

Fariha menunjukkan buku KIE tentang perawatan kesehatan ibu hamil yang sengaja dimintanya dari Puskesmas Gedongtengen untuk dijadikan bahan penyuluhan di tempat kerjanya nanti.