Sindikat Post, Surabaya – Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang jatuh hari ini, Sabtu (5/11/2022), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat meningkatkan kepedulian dan pelestarian puspa dan satwa yang ada di Jawa Timur.

Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa

Pasalnya, sesuai dengan semangat Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) yang dituangkan dalam Keppres No.4 Tahun 1993 oleh Presiden Soeharto, tujuan peringatan HCPSN adalah agar masyarakat dapat meningkatkan kepedulian, perlindungan, dan pelestarian puspa dan satwa nasional.

Hal ini menurutnya penting karena perlakuan manusia terhadap puspa dan satwa akan berimbas baik pada keseimbangan ekosistem dan tentunya kehidupan manusia. Ditambah, saling mengasihi antara sesama makhluk Tuhan juga adalah perintah yang tertulis di dalam semua kitab suci.

Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa

“Kita bisa menunjukkan rasa cinta terhadap puspa dan satwa dengan cara yang sederhana. Hidup berdampingan tanpa melukai dan mengganggu habitat serta aktivitas mereka sudah cukup. Sayangi yang di Bumi dan yang di Langit akan menyayangimu,” ungkapnya di Gedung Negara Grahadi pada Sabtu (5/11).