tematik-kemanusiaan-225-mahasiswa-unesa-giat-kkn-di-nganjuk
Surabaya Kota, Surabaya – Universitas Negeri Surabaya ( Unesa ) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kemanusiaan dengan tema KKN Percepatan Penurunan Angka Stunting selama empat bulan di Kabupaten Nganjuk Jawa Timur. Sebanyak 225 mahasiswa sejak September hingga Desember 2022, para mahasiswa ini akan menjalankan lima pilar yang sudah ditentukan oleh Universitas sebelum program tersebut dilaksanakan.

tematik-kemanusiaan-225-mahasiswa-unesa-giat-kkn-di-nganjukDosen Pendamping Lapangan (DPL) KKN Tematik Unesa untuk Desa Sukoharjo Kecamatan Wilangan Kabupaten Nganjuk, Ali Imron mengatakan kelima pilar KKN tematik penanganan stunting yaitu pilar pertama, peningkatan komitmen dan visi kepemimpinan di Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota,dan Pemerintah Desa. Untuk pilar kedua adalah Peningkatan komunikasi perubahan perilaku dan pemberdayaan masyarakat. Sedang di pilar ketiga adalah peningkatan konvergensi intervensi spesifik dan intervensi sensitif di Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota,dan Pemerintah Desa.

“Untuk pilar keempat adalah peningkatan ketahanan pangan dan gizi pada tingkat individu, keluarga, dan masyarakat,” ungkapnya, Senin (31/10)

tematik-kemanusiaan-225-mahasiswa-unesa-giat-kkn-di-nganjukAli menambahkan untuk pilar kelima adalah penguatan dan pengembangan sistem, data, informasi, riset, dan inovasi. KKN Tematik ini merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.  Dimana, pendampingan Perguruan Tinggi dalam penguatan komitmen pemerintah desa, pendampingan surveilans stunting dan tumbuh kembang, pendampingan rumah dataku, kampanye anti stunting dengan slogan “Sing  Penting Ora Stunting”.