Sindikat Post , Jakarta – Bandara Halim Perdana kusuma dipercantik. Semoga bersoleknya bandara satu-satunya di tengah Kota Jakarta ini mampu memberi kebanggaan bagi Indonesia kepada dunia.

Beragam upaya dilakukan pemerintah agar pelaksanaan pertemuan para kepala pemerintahan dari 20 negara pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali, 15-16 November 2022 bisa berlangsung lancar. Salah satunya, merevitalisasi Bandar Udara Internasional Halim Perdana Dkusuma, Jakarta.

Proses itu telah dimulai sejak 15 Maret dan selesai 9 September 2022. Revitalisasi selama 175 hari itu mengacu kepada Peraturan Presiden nomor 9 tahun 2022 tentang Revitalisasi Fasilitas Pangkalan Tentara Nasional Indonesia / Bandar Udara Halim Perdana kusuma.

Bandara Halim Perdana Kusuma Dipercantik

Kegiatan itu meliputi, perbaikan sisi udara atau air side dan sisi darat (land side). Untuk sisi udara, misalnya, penyehatan landasan pacu pesawat (runway), landasan hubung (taxiway), dan landasan parkir pesawat (apron). Sedangkan sisi darat dilakukan revitalisasi pada sistem saluran air (drainase), Terminal VVIP Naratetama dan Terminal VIP Naratama, terminal penumpang, dan fasilitas penunjang lainnya.

Untuk keperluan itu, Kementerian Perhubungan mesti menyiapkan anggaran sebesar Rp600 miliar. Tiga badan usaha milik negara (BUMN) sektor karya, yakni PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT PP (Persero) Tbk, dan PT Indah Karya (Persero) dilibatkan untuk penataan kembali.  “Kami memetakan ada tiga permasalahan, yaitu runway yang sudah terkelupas karena faktor usia, drainase yang kurang baik. Lalu kondisi gedung terminal VVIP yang kurang representatif untuk menunjukkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar,” ucap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Bandara Halim Perdana Kusuma Dipercantik