tuk-spi-resmi-gelar-skw-di-sumut
Surabaya Kota, Medan – Penanggung Jawab Tempat Uji Kompetensi (TUK) Solidaritas Pers Indonesia ( SPI ), Suriani Siboro membuka secara resmi pelaksanaan SKW (Sertifikasi Kompetensi Wartawan) di Sumatera Utara. Pembukaan tersebut dilaksanakan Suriani usai melantik Pengurus DPW SPI Sumut di Gedung Angkola, jalan Cangkir, Petisah Tengah, Kota Medan. Kamis (29/09/2022).
SKW perdana yang diadakan di Kota Medan ini dilaksanakan TUK SPI dari tanggal 29 hingga 30 September 2022 di Kantor Sekretariat DPW SPI Sumut.

tuk-spi-resmi-gelar-skw-di-sumut“Ada 5 (lima) Asesi (Peserta) yang mengikuti SKW. Dimana, kelimanya mengambil Skema Madya,” ucap Suriani saat ditemui di ruangan tempat Assement peserta.

Didampingi Asesor (Penguji) bersertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Wesly H Sihombing dan kelima Asesi, Suriani mengatakan, Asesi yang ingin mengikuti SKW wajib melampirkan syarat-syarat yang telah ditentukan serta portofolio sesuai skema yang inginkan. “Portofolio merupakan bukti dari apa yang kita kerjakan selama ini,” tuturnya.

“Kita mengadakan ini melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia. Dimana SPI telah memiliki TUK yang telah disetujui LSP Pers Indonesia. Dalam proses sertifikasi, menggunakan Standar Kompetensi Kerja Khusus (SKKK) Wartawan Indonesia yang telah ter-registrasi oleh Kemenaker RI. Sedangan Skema Sertifikasi yang digunakan juga telah diverifikasi oleh BNSP,” kata Suriani.