Surabaya Kota – Dengan tujuan menyatukan insan Pers di Indonesia menjadi satu keluarga besar, yang mempunyai ikatan kuat dalam memajukan dan mensejahterakan insan Pers, terbesit suatu rencana yang mungkin bisa dianggap “gila” dan tentunya akan ada “pro-kontra” dalam rencana ini. Yakni mendirikan Partai untuk insan Pers dan keluarga besarnya yang diberi nama “Partai Jurnalis Indonesia”.

Ada beberapa dasar pemikiran penulis, mempunyai rencana “gila” mendirikan Partai Jurnalis Indonesia yang akan menggandeng semua insan Pers di pelosok negeri untuk ikut membantu mendirikan dan membesarkan Partai Jurnalis Indonesia.

Salah satu dasarnya adalah, dalam upaya menyatukan insan Pers dengan mendirikan Perkumpulan/ organisasi Pers, malah membuat pelaku Pers terbelah kepentingan. Organisasi Pers yang seyogyanya menyatukan semua insan Pers malah menjadi dinding pemisah bukan pemersatu, karena setiap organisasi Pers mempunyai visi dan misi untuk kepentingan anggotanya.

Jika ada permasalahan salah satu jurnalis, para insan Pers terkesan enggan membantu karena bukan dalam organisasi Pers yang sama, dan hal itu sangat berbahaya akan kelangsungan Pers di Indonesia, dan akan bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk mengadu domba sesama insan Pers.