Surabaya Kota – Dengan tujuan menyatukan insan Pers di Indonesia menjadi satu keluarga besar, yang mempunyai ikatan kuat dalam memajukan dan mensejahterakan insan Pers, terbesit suatu rencana yang mungkin bisa dianggap “gila” dan tentunya akan ada “pro-kontra” dalam rencana ini. Yakni mendirikan Partai untuk insan Pers dan keluarga besarnya yang diberi nama “Partai Jurnalis Indonesia”.

Ada beberapa dasar pemikiran penulis, mempunyai rencana “gila” mendirikan Partai Jurnalis Indonesia yang akan menggandeng semua insan Pers di pelosok negeri untuk ikut membantu mendirikan dan membesarkan Partai Jurnalis Indonesia.

Salah satu dasarnya adalah, dalam upaya menyatukan insan Pers dengan mendirikan Perkumpulan/ organisasi Pers, malah membuat pelaku Pers terbelah kepentingan. Organisasi Pers yang seyogyanya menyatukan semua insan Pers malah menjadi dinding pemisah bukan pemersatu, karena setiap organisasi Pers mempunyai visi dan misi untuk kepentingan anggotanya.

Jika ada permasalahan salah satu jurnalis, para insan Pers terkesan enggan membantu karena bukan dalam organisasi Pers yang sama, dan hal itu sangat berbahaya akan kelangsungan Pers di Indonesia, dan akan bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk mengadu domba sesama insan Pers.

Sebagai pelaku Pers, kita sudah terbiasa menyuarakan aspirasi masyarakat melalui tulisan pemberitaan di media dimana kita bekerja, akan tetapi jika kita sebagai insanĀ  Pers hendak menyuarakan aspirasi kita, tidak ada tempat untuk hal itu, sehingga suara kita terkesan hampa dalam kehidupan bernegara.

Dengan berdirinya Partai Jurnalis Indonesia, penulis berharap bisa menyatukan semua insan Pers dengan tidak melihat bendera media, ataupun bendera organisasi. Dan dengan adanya Partai Jurnalis Indonesia, semua tujuan untuk kehidupan Pers lebih baik di Indonesia bisa tercapai.

Dari berapa dasar pemikiran yang ditulis ini, dengan niat, dan tekad bulat demi memajukan dan mensejahterakan, serta menjadi corong aspirasi insan Pers, penulis mengajak seluruh insan Pers di Indonesia bisa bergabung di Partai Jurnalis Indonesia.

Hemat dari penulis, untuk membumikan Partai Jurnalis Indonesia di bumi Nusantara ini, pelaku Pers sudah mempunyai modal kuat yang sudah mengakar. Setiap media ataupun organisasi Pers mempunyai biro ataupun perwakilan di setiap daerah. Dari biro ataupun perwakilan di daerah bisa membentuk kepengurusan di setiap wilayah, dan niscaya dengan cara seperti itu Partai Jurnalis Indonesia akan cepat berkembang dan mempunyai konstituen yang besar. Ibarat tumbuhnya jamur di musim hujan.

Diakhir kata, penulis beriktiar, Jika mempunyai Niat Baik, Insya Allah hasilnya akan baik. Dan penulis sekali lagi mengajak seluruh elemen Pers untuk bergabung di Partai Jurnalis Indonesia.

Penulis : H. ACHMAD SYAIFUL RIZAL, SH. M.Kn.

Surabaya, 30 Agustus 2022.