Sindikat Post, Surabaya – Sinergi BKKBN Jatim dan TNI dalam menggelar Koordinasi Intensifikasi Pelayanan KB dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting Bersama Mitra Kerja (TNI) Tahun 2022, di Jl. Raya Gubeng No.54, Gubeng, Kota Surabaya. Senin (12/9/22).

giat-bkkbn-jatim-dan-tni-dalam-percepatan-penurunan-stuntingKegiatan tersebut dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Jatim Dra. Maria Ernawati, M.M., diwakili Koordinator Bidang Kelompok Bimbingan Konseling Remaja (KBKR) BKKBN Provinsi Jawa Timur Waluyo Ajeng Lukitowati, S.ST., M.M., Kepala Kesehatan Kodam V/Brawijaya yang diwakili oleh Dandenkesyah 05.04.04 Surabaya : Mayor Ckm (K) dr. Reny Widasanti, Sp.A., Pabandya Bakti TNI Sterdam V/Brawijaya : Letkol Inf Agus Suryono, Sekretaris PPAD Provinsi Jawa Timur : Letkol Inf Purn Drs. Didi Suryadi, M.A.P. dan Kepala Bidang KB dari 38 Kab/Kota se Jawa Timur.

Dalam sambutannya Bu Luki menjelaskan bahwa Tahun 2045 bangsa Indonesia memasuki usia 100 tahun harapannya Indonesia menjadi bangsa yang unggul banyak persiapan yang harus dilakukan meski banyak tantangan dan hambatan diantaranya dalam mencetak generasi yang unggul dan bebas dari stunting.

giat-bkkbn-jatim-dan-tni-dalam-percepatan-penurunan-stuntingBu Luki juga mengapresiasi dukungan bapak panglima Kodam V /Brawijaya dalam mendukung program Banggakencana dan Percepatan Penurunan Stunting di Jawa Timur.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, penduduk merupakan modal dasar pembangunan dan titik sentral dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Sesuai dengan Arah Kebijakan RPJMN Tahun 2020-2024 : meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan semesta dengan penekanan pada penguatan pelayanan kesehatan dasar (Primary Health Care) dan Peningkatan upaya promotive dan preventif didukung oleh inovasi dan pemanfaatan teknologi.

Strategi yang dilakukan diantaranya : (1) Peningkatan kesehatan ibu, anak dan kesehatan reproduksi (2) Percepatan perbaiki gizi masyarakat.