partai-pelita-partai-baru-yang-dipimpin-3-tokoh-muda-muhammadiyah
Surabaya Kota, Jakarta – Baru-baru ini berdiri partai politik (parpol) baru di Gedung Joeang 45 Jl. Menteng Raya, Jakarta Pusat, Senin (28/02/2022) dengan nama Partai Pelita. Partai ini di back-up Din Syamsudin Ketua Majelis Permusyawaratan Partai (MPP) Partai Pelita yang juga Mantan Ketua PP Muhammadiyah.

partai-pelita-partai-baru-yang-dipimpin-3-tokoh-muda-muhammadiyahKehadiran Partai Pelita melengkapi berdirinya partai baru yang didirikan oleh tokoh dan aktivis muda Muhammadiyah. Dimana Partai Ummat di backup Amien Rais yang juga Mantan Ketua PP Muhammadiyah menjadi Ketua MPP Partai Ummat dan juga berdiri Partai UKM Indonesia yang di backup Imam Addaruqutni Mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah/Mantan Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PP Muhammadiyah.

Uniknya bukan mereka yang memimpin, tetapi tokoh muda Muhammadiyah. Partai Ummat dipimpin Dr. Ing. H. Ridho Rahmadi, S.Kom., M.Sc selaku Ketua Umum yang juga mantu Amien Rais. Partai Pelita dipimpin Beni Pramula S.I.Kom sebagai Ketua Umum dan Partai UKM Indonesia dipimpin Syafrudin Budiman S.IP yang juga cicit Almarhum KH. Mas Mansyur Mantan Ketua PB Muhammadiyah kedua asal Ampel Surabaya.

Namun dari ketiga partai baru ini, hanya Partai UKM Indonesia yang benar-benar didirikan langsung oleh Syafrudin Budiman selaku Ketua Umum dan mengajak Imam Addaruqutni bergabung. Sementara Partai Ummat dan Partai Pelita didirikan para dedengkot tokoh besar Muhammadiyah dan menunjuk Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi dan Beni Pramula Ketua Umum Pelita.

partai-pelita-partai-baru-yang-dipimpin-3-tokoh-muda-muhammadiyahBahkan Beni Pramula dalam saat deklarasi Partai Pelita mengatakan, setiap perintah Din Syamsudin Ketua MPP Partai Pelita adalah sabda atau titah yang akan diikuti atau sami’na wa ato’na. Dibuktikan secara simbolis, Din Syamsuddin menyerahkan pataka (bendera partai) kepada ketua DPP Partai Pelita Beni Pramula.

Begitupun Ridho Rahmadi akan mengikuti kebijakan, arahan, instruksi dan perintah Amien Rais selaku Ketua MPP Partai Ummat. Bahkan, Amien Rais terlihat mendominasi dengan ikut turut melantik ke DPW-DPW Propinsi Partai Ummat.

Berikut profil Partai Baru dan Ketua Umum dari tokoh Muda Muhammadiyah. Dimana ketiganya adalah lahir dari sarjana Sosial, Politik dan Komunikasi dan ada yang pernah menjadi pengurus Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM).

partai-pelita-partai-baru-yang-dipimpin-3-tokoh-muda-muhammadiyah1. Partai Ummat

Partai Ummat berdiri pada tanggal 28 April 2021. Dalam deklarasi awal pada tanggal 29 April 2021 bertepatan pada 17 Ramadan 1442 H yang dilakukan pertama kali, dihadiri oleh sejumlah tokoh, diantaranya: MS.Kabban mantan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) yang juga mantan Menteri Kehutanan di Kabinet Indonesia Bersatu, Ansufri Idrus Sambo, Chandra Tirta Wijaya, Ahmad Muhajir Sodruddin, Buni Yani, Mustofa Nahrawardaya, Achmad Buchory Muslim, Wa Ode Zainab, Asnawi Arbain, Herman Kadir, dan beberapa tokoh lainnya. Dalam deklarasi itu, ditunjuklah sosok seorang pemimpin muda yang bernama Dr. Ing. H. Ridho Rahmadi, S.Kom., M.Sc. sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat.

Profil Ridho Rahmadi

Dr. Ing. H. Ridho Rahmadi, S.Kom., M.Sc. atau lebih dikenal dengan nama Edo (lahir 13 April 1985) adalah seorang Dosen, Ilmuwan Data, Teknokrat muda dan Politisi Muda Indonesia yang menjabat sebagai Ketua Umum Partai Ummat sejak dideklarasilkan pada tanggal 29 April 2021. Ia adalah bagian dari keluarga mantan Ketua MPR RI, politisi senior, Prof. H.Muhammad Amien Rais, M.A., Ph.D. sejak pernikahannya dengan Tasniem Fauzia Rais, putri bungsu dari Amien Rais.

2. Partai UKM Indonesia

Rebranding Partai UKM Indonesia, Syafrudin Budiman SIP didaulat dan ditetapkan sebagai Ketua Umum, Herdianti Puspitasari, S.Si sebagai Sekretaris Jenderal dan T. Peratikno Rz Sebagai Bendahara Umum. Dimana tepat 7 Mei 2021 berdiri partai baru dengan nama Partai UKM Indonesia yang berasaskan Pancasila dan UUD 1945.

“Alhamdulillah, hari ini Jumat malam (red-7 Mei 2021) jam 18.30 WIB telah resmi berdiri Partai UKM Indonesia. Semuanya berjalan sukses dan lancar saat Rapat Pleno yang diperluas dengan dihadiri para pendiri,” ujar Syafrudin Budiman, SIP sapaan akrab Gus Din Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai UKM Indonesia, Jumat (07/05/2021) di Restoran Dunkin’ Donat, Senen, Jakarta Pusat.