mendag-indonesia-ukir-rekor-ekspor-baru
Surabaya Kota, Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi meyakini, Indonesia bakal mengukir rekor ekspor baru senilai USD230 miliar atau sekitar Rp3.275,71 triliun pada 2021.

Sejumlah indikator ekonomi di awal tahun yang baru 2022 menunjukkan gambaran yang menggembirakan. Pemerintah dan pelaku usaha memang sempat was-was dengan kinerja ekonomi yang melambat di kuartal III-2021 akibat adanya varian Delta.

mendag-indonesia-ukir-rekor-ekspor-baru

Namun, senyum sumringah pun merekah ketika pertumbuhan kembali menguat di kuartal IV-2021. Hal ini ditunjukkan oleh PMI Manufaktur Global pada November 2021 yang tercatat ekspansif di tingkat 54,2, menandai 17 bulan ekspansi.

Pelonggaran restriksi juga berdampak pada berlanjutnya ekspansi manufaktur di seluruh negara Asean seperti Indonesia (53,9) dan Malaysia (52,3) mencatat ekspansi tertinggi pada November 2021.

Kendala logistik beberapa waktu berupa biaya shipping yang tinggi akibat kelangkaan konteiner mulai membaik. Rantai pasok mulai lancar lagi sehingga perdagangan internasional kembali menggeliat.

Kondisi itulah yang yang mendorong permintaan impor mitra dagang Indonesia terpantau mulai menguat dan diharapkan dapat mendorong kinerja ekspor Indonesia.