pertamina-dukung-ekonomi-kecil
Surabaya Kota, Jakarta ā€“ PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat terus berkomitmen mendukung perekonomian mikro dan kecil di semua sektor pada mitra binaannya. Adalah Salmi Sufraini, perempuan kelahiran Jakarta 1976 ini merupakan pemilik usaha rumahan Cangcomak ā€œKacang Coklat Emakā€ dengan akun instagram @cangcomak.id yang mendapat kesempatan tersebut.

pertamina-dukung-ekonomi-kecil

Kacang Coklat Emak (Cangcomak) merupakan perusahaan perorangan dikelola Salmi yang berdiri sejak tahun 2019. Produk ini merupakan resep asli dari ibunda Salmi sejak tahun 1965, sebelum dipasarkan produk ini hanya dibuat pada saat hari raya Lebaran, dan sebagai tanda kasih dan cinta terhadap ibundanya, maka nama Cangcomak Kacang Coklat Emak menjadi Brand produknya.

Cangcomak adalah kacangĀ  yang dibalur cokleat yang diproses panggang tanpa minyak, tidak lengket dan tanpa bahan pengawet. Bahan baku dengan kualitas terbaik, terdiri dari 3 varian kacang yaitu kacang tanah, kacang mede dan almond.

pertamina-dukung-ekonomi-kecil

Perusahaan Cangcomak yang berlokasi di Jakarta Barat dan sudah bersertifikasi Halal dan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPPIRT) tersebut, pada 2020 memiliki omset sebesar Rp19,5 juta per tahun. Pada Desember 2020, perusahaan perseorangan ini menjadi mitra binaan Pertamina, dan pada 2021 omsetnya naik tajam menjadi Rp43 juta.