hwpa apresiasi kemenlu wni

Surabaya Kota, Jakarta – Kementerian Luar Negeri telah menyelenggarakan Hassan Wirajuda Pelindungan Award (HWPA) secara virtual pada 17 Desember 2021.

HWPA merupakan wujud apresiasi Kementerian Luar Nege​ri untuk individu/institusi yang telah memberikan kontribusi pada upaya pelindungan Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri. Diselenggarakan sejak 2015, HWPA 2021 merupakan penyelenggaraan ke-tujuh.

Menteri Luar Negeri, Retno L.P. Marsudi dalam pembukaannya menyampaikan bahwa, “Selama tahun 2021 tantangan kerja pelindungan WNI di luar negeri sangat besar, tapi semua dikerjakan karena kerja diplomasi pelindungan telah menjadi bagian prioritas diplomasi Indonesia.

” Menlu Retno juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah membantu pelaksanaan misi pelindungan.

Melihat data diplomasi pelindungan di masa pandemi dalam 2 tahun terakhir, tercatat bantuan penanganan terhadap lebih 7.000 WNI di luar negeri terpapar COVID-19; fasilitasi kepulangan lebih dari 237.000 WNI ke Indonesia; fasilitasi pemulangan lebih dari 28.000 ABK niaga dan perikanan; dan distribusi hampir 800 ribu paket bantuan sembako.