Surabaya Kota, Banda Aceh – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengatakan ada 3 hal penting yang harus diperhatikan untuk memperkuat daya saing menghadapi ekonomi digital, yang memiliki prospek luar biasa besar.

Hal itu disampaikan LaNyala secara virtual saat menjadi pembicara kunci dalam Seminar Nasional Kewirausahaan bertajuk ‘Bisnis Kreatif di Era Digital, Mendukung Ekonomi Indonesia Tangguh dan Tumbuh’ yang diselenggarakan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Selasa (28/9/2021).

Pertama, yang harus dibenahi adalah kesiapan Sumber Daya Manusia. Karena SDM adalah pilar dasar dalam ekosistem inovasi digital. Senator asal Jawa Timur itu menjelaskan, digital hanyalah alat, sedangkan skema, inovasi, terobosannya, peruntukannya, berdasarkan perencanaan dari manusia.

“DPD RI akan terus mendorong pengembangan SDM dengan kompetensi digital. Dan kami ingin mendorongnya bukan hanya terpusat di kota besar, tapi di seluruh pelosok Tanah Air, melalui sistem pendidikan yang baik, termasuk melalui dunia vokasi,” ujarnya.