Nasional

BKKBN Jawa Timur Gelar Pelatihan Teknis Agen Pencegahan Stunting

Surabaya Kota, Surabaya – Sesuai dengan Rencana Strategis (Renstra) Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) 2020-2024 yang diadopsi dalam Renstra Perwakilan BKKBN Jatim 2020-2024, BKKBN berperan pada Agenda Prioritas Pembangunan Nomor 3, yaitu “Meningkatkan SDM berkualitas, meningkatkan kualitas anak, perempuan, dan pemuda, mengendalikan pertumbuhan penduduk”.

Peran BKKBN adalah dalam bidang Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana sehingga seluruh sasaran dan indikator kinerja diarahkan untuk mendukung agenda prioritas pembangunan yaitu “Mewujudkan Keluarga Berkualitas dan Pertumbuhan yang seimbang”.

Presiden Joko Widodo dalam pidatonya tentang visi Indonesia menyatakan bahwa pembangunan sumber daya manusia merupakan prioritas, dimana titik dimulainya pembangunan SDM adalah dengan menjamin kesehatan ibu hamil, kesehatan bayi, kesehatan balita, kesehatan anak usia sekolah. Dengan demikian harus dijaga agar tidak ada stunting, kematian ibu, atau kematian bayi.

Berbagai isu strategis terkait pemenuhan layanan dasar diantaranya angka kematian ibu dan bayi masih tinggi, rendahnya pemahaman remaja tentang Kesehatan Reproduksi dan penyiapan kehidupan berkeluarga, kebutuhan ber-KB yang tidak dapat terlayani (unmet need) di Indonesia dikategorikan masih tinggi dan prevalensi stunting masih tinggi. Hal ini juga masih menjadi perhatian serius di Provinsi Jawa Timur.

1 2 3 4Laman berikutnya

Related Articles

Back to top button